Saturday 30 December 2017

Pengalaman kerja di Konsultan Pajak

Assalamualaikum wr.wb..
Hai hai selamat siang selamat tahun baru semuanya.. udah lama ngga posting ๐Ÿ˜‚ dari judulnya,sebenernya sih ini lebih ke curhatan ane ๐Ÿคฃ tapi ya gapapa deh siapatau bermanfaat ๐Ÿ˜okedeh langsung aja..

Mungkin sebagian dari kalian belum tau apasih konsultan pajak itu? Ada juga yg ngira konsultan pajak sama kantor pajak itu sama, padahal beda yah guys๐Ÿ˜ trs ngapain aja sih kerjaannya? Soalnya Keliatannya sih enak duduk depan komputer gitu wkwkw. Nanti kita bahas dibawah. Jadi baca sampe akhir ya hehe ๐Ÿ˜

Jadi mulai dari awal ya, waktu ane baru lulus SMK, dapet info dari guru b.ing disekolah kalo ada loker di konsultan pajak daerah serpong tangerang. pas denger info itu , ane sama 2 temen ane langsung kirim lamaran tuh buru2 takut tutup wkwk๐Ÿ˜*apasi* singkat cerita, kurang dari seminggu(lupa berapa harinya) ane ditelpon suruh dateng buat tes besok paginya dan suruh bawa kalkulator sama alat tulis ๐Ÿ˜‚*udah feeling pasti tes nya akuntansi level hard* wkwk yaudah kan tuh malemnya ane belajar bener2 walaupun banyak bgt godaannya๐Ÿ˜” keesokan paginya ane sudah sampe di tkp jam 8an, dan mulai ngerjain soal nya.. daaaaannn ternyata bener dugaan ane , soal nya itu banyak dan susah ๐Ÿคค๐Ÿ˜ฒ ngerjain tuh soal kurang lebih 3 jam an๐Ÿ˜† abis itu pulang dah ga terlalu berharap juga.. eh pas besoknya 2 temen ane juga ditelpon untuk tes dan pas ane tanya soal nya mereka juga bilang susah ๐Ÿ˜‚ wkwkw. Alhamdulillah 2 hari kemudian kita bertiga ditelfon lagi untuk interview yeayy.. setelah interview 2 kali,Akhirnya ane dan 1 temen ane keterima disitu waah seneng banget akhirnya dapet kerjaan yg ane pengenin ๐Ÿ˜„ kita mulai masuk kerja abis perpisahan sekolah ke Bali-malang. Pas pertama masuk, kakak2 nya welcome banget ngajarin kita sabar walaupun suka salah2an ngerjainnya. Wkwk maapkan ye kak๐Ÿคฃ nah disitu kita baru tau ternyata kerjaan konsultan pajak itu berat menurut ane. Dan kerjanya itu memberikan jasa ke client dalam membuat laporan keuangan mereka. Setiap bulan dikirimin dokumen transaksi atau rekapan dari client kaya penjualan,pembelian,buku bank,kas, kita harus olah sampe jadi laporan keuangan.dan itu ga semudah membalikkan telapak tangan *asek ekwk soalnya detail2 transaksi mesti kita pahamin jangan sampe salah masuk akun wkwk intinya kalo kerja disana tuh akuntansi nya kepake banget karna kalo pas laporan keuangan di review kita harus tau dapet angka segini darimana,semuanya harus balance.. kalo ngga yaa *ah sudalah* Belom lagi pajak2 nya juga yg harus diurus  kek gaji2 karyawan , jasa dll sampe bikin SPT PPH pribadi ataupun badan. Dan kalo soal pajak kita harus ekstra hati2 karna kalo typo atau salah2 prosesnya rumit ๐Ÿ˜makanya kalo bulan2 januari -april kerjaan lagi banyak2 nya numpuk karna kita bekerja dengan DEADLINE ๐Ÿคค. Tapi dibalik itu semua,ane enjoy aja karna sifat yg introvert jadi pas deh๐Ÿ˜Ž bukan maksud mau nakut2in kok disini hanya berbagi pengalaman ajaa karna semua kerjaan pasti baik dan ada plus minus nya yang penting kita harus selalu bersyukur sama Allah SWT. Alhamdulillah cukup sekian curcol nya makasih loh yg udah mau baca sampe akhir ๐Ÿ˜†๐Ÿคฃ ane pamit :v

Wassalamualaikum wr.wb

12 comments:

  1. Halo Devi maaf yah baru balas komennya, dikarenakan ada hal yg membuat saya gabisa buka blog ini ๐Ÿ˜” jujur sebenernya susah2 gampang asal ada kemauan untuk belajar dan menyukai hal2 yg berbau akuntansi dan perpajakan.. bisa kok yg penting konsisten sambil terus mempelajari hal2 yg baru... wahh selamat yahh Devi.. jangan takut sebelum mencoba yah.. terimakasih atas komentarnya ๐Ÿ˜…

    ReplyDelete
  2. kak, tes akuntansinya kira-kira apa aja ya ? tes nya pake perusahaan jenis apa ? jasa atau dagang atau manufkatur ? saya mau tes nih, deg degan superrr,

    ReplyDelete
    Replies
    1. tes nya perusahaan jasa dan dagang kok

      Delete
    2. Tes di perusahaan jasa dan dagangnya itu mulai neraca smpe lap. perubahan modal atau cuma nyusun jurnal ya kak?

      Delete
    3. waktu aku si sampe neraca

      Delete
  3. Kak kerja di konsultan pajak gajinya kisaran berapa?

    ReplyDelete
  4. Assalamualaikum kak mau tanya, apakah nanti kita di ajarkan/di beri arahan dari awal pas masuk pertama kali kerjanya mengenai cara kerja nya di konsultan pajak ?

    ReplyDelete
  5. gajinya kira2 sampe diangka brpa kak, kalo anak baru

    ReplyDelete
  6. susah ya tes masuk konsultan, soale ane sering ikut join loker konsultan g pernh ketrima hhh

    ReplyDelete
  7. Kira2 tesnya apa aja ya di konsultan pajak? Apakah kita harus membuat laporan keuangan? ๐Ÿ™๐Ÿผ

    ReplyDelete